Sunday, June 8, 2014

Fungsi Jantung

Pada Topik kali ini akan membahas, posisi jantung, letak jantung dan funsi jantung serta gambar ukuran jantung. Daging berongga sekepalan tangan dengan berat sekitar 300 gram itu memang bukan sembarang daging. la sumber kehidupan. Posisi jantung (letak jantung), berada di rongga tengah dada diapit paru-paru dan terlindung tulang dada yang kokoh. lnilah organ yang oleh orang Yunani kuno dianggap sebagai singgasana ruh. Dalam bahasa Latin, organ itu disebut kardio yang berarti “jantung”. Berikut ini dibawah gambar ukuran jantung manusia :
Ukuran Jantung
gambar Ukuran jantung koroner
Apa Fungsi jantung ?, fungsi jantung cuma satu, yaitu memompa darah. Kemampuan, kecanggihan, dan efisiensi kerja pompa daging ini melebihi pompa yang terbuat dari baja terkuat yang dipadukan komputer tercanggih sekalipun. Setiap kali memompa, hampir setengah gelas (70 cc) darah keluar dari masing-masing bilik jantung. Jadi, apabila dalam satu menit bilik jantung berdetak 75 kali, akan terpompa sekitar 5 liter darah.
Fungsi jantung
Fungsi jantung
Darah tersebut akan mengalir ke pembuluh darah di seluruh tubuh yang apabila dibentangkan, panjangnya sama dengan 100 ribu km atau jarak sejauh 2,5 kali mengitari bumi. Setiap hari, jantung terdenyut rata-rata 100 ribu kali untuk memompa 9.500 liter
darah ke seluruh tubuh. Ketika Anda berusia 70 tahun berarti jantung Anda telah berdenyut rata-rata lebih dari 2,5 miliar kali!
Sumbatan jantung koroner
Sumbatan jantung oleh kolesterol
Lebih dari itu, jantung adalah organ komplek dengan kapasitas terpasang yang dapat mengatur diri sendiri dan beradaptasi dengan keadaan luar. Sejak lama, pompa tubuh ini menjadi bahan kajian sara ahli yang ingin mengungkap rahasia kehebatan sekaligus menelusuri apa saja yang berpotensi menganggu fungsinya.  lbn Nafis dan William Harvey adalah dua ilmuwan generasi awal yang tekun menelusuri seluk- beluk jantung. Ribuan ilmuwan sesudah itu mengikuti jejak mereka. Upaya mengungkap rahasia jantung awalnya dilakukan dengan mengorbankan jantung hewan dan mengotak-ngatik jantung mayat di ruang anatomi fakultas kedokteran, hingga kemudian diterapkan pada jantung orang hidup.
Gambar pengobatan jantung koroner
Proses Pengobatan jantung koroner
Gambar disamping adalah “gambar pengobatan jantung koroner, yaitu penyedotan darah kotor, kolesterol LDL”. Setiap penderita penyakit jantung koroner pasti mempunyai Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi. Semakin lama kolesterol ini akan mengeras, membentuk plak yang akan membuat pembuluh darah menyempit, dan orang yg meninggal karena jantung adalah karena pembuluh jantung koronernya menyempit dan buntu. Terapi ini disebut Al Hijamah, yaitu terapi Pengobatan Islam yang sejak 1500 tahun lalu di suruh oleh Nabi SAW. Terapi ini sangat cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi, jika kolesterol turun, maka pembuluh jantung akan lancar. Rata-rata pasien yang datang karena keluhan nyeri dada sebelah kiri dan di vonis dokter terkena penyakit jantung, setelah terapi 3x keluhan hilang.

No comments:

Post a Comment